-->

Apa Makanan Baik Saat Berbuka Puasa?

Sebelum kita membahas makanan apa yang baik saat berbuka puasa alangkah baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan puasa? Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Berpuasa merupakan salah satu dari rukun islam.

Ketika berpuasa banyak diantara orang – orang yang berpuasa tidak memperhatikan porsi makanan dan nutrisi makanan yang akan dikonsumsinya. Mereka hanya makan semua jenis makanan sampai kenyang. Untuk tetap menjaga kesehatan selama bulan puasa alangkah baiknya kita memperhatikan pola makan kita saat berbuka puasa.

Berikut adalah rangkuman dari berbagai sumber informasi tentang makanan yang baik saat berbuka puasa:

1.Utamakan Cairan Tubuh


Air dibutuhkan untuk metabolisme dalam tubuh, kita bisa mengisi tubuh kita dengan air mineral ataupun buah-buahan yang mengandung cairan, kenapa? Selama kita berpuasa seharian penuh otomatis tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Selama kita mengalalmi dehidrasi yang terbaik adalah hidrasi dulu diri kita sebelum makan makanan lain dengan cara minum air putih atau air mineral dan tunggu beberapa menit setelah itu baru mengkonsumsi makanan lainnya.

Bagaimana jika mengganti air mineral dengan teh manis atau soda?


Disarankan adalah air mineral dulu, kenapa? Karena teh manis mengandung gula yang Direfinasi dan ini tidak baik untuk tubuh. Ketika mengkonsumsi gula direfinasi kadar indeks glikemiknya sangat tinggi. Indeks glikemik adalah pengukuran terhadap berapa banyaknya kadar glukosa yang akan diserap ke dalam darah. Ketika kadar glikemik sangat tinggi otomatis tubuh akan menghasilkan insulin karena terjadi lonjakan gula darah dalam pembuluh darah.

Berapa banyak air mineral yang harus diminum?
Jangan terlalu banyak minumlah secara perlahan agar tubuh tidak kaget, lambung dan usus memiliki kapasitas dan apabila diisi terlalu banyak otomatis tidak baik untuk sistem pencernaan. Tujuan kita dari minum adalah untuk mengganti cairan yang hilang, saat puasa tubuh cenderung lebih kehilangan cairan dan elktrolit.

Apakah boleh minum air es saat berbuka?


Sebaiknya minumlah air biasa air dalam suhu kamar bukan air dengan suhu yang minus. Tubuh membutuhkan energi dan waktu yang cukup lama untuk mengubah suhu air yang dingin menjadi sama dengan suhu pada tubuh.

2.Konsumsi Buah Segar


Setelah minum air kita bisa mengkonsumsi buah segar bisa juga dalam bentuk jus ataupun buah langsung dimakan. Buah segar yang dimaksud buah yang tidak diolah atau dimasak contohnya pisang goreng. Kenapa harus buah segar? Karena buah mengandung air dan mengandung gula alami. 

3.Sayuran


Sayuran mengandung banyak Vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Dianjurkan makan sayur 3 sampai 5 jenis warna tiap sayuran memiliki fungsi gizi masing – masing  biasanya dikenal sebagai Fitokimia/Fitonutrisi.

4.Sumber Energi Utama/Karbohidrat


Karbohidrat dapat diperoleh pada nasi, ubi, kentang, jagung dan sebagainya. 

5.Sumber Protein


Protein dapat diperoleh dari daging, telur, ikan dan diusahakan sebaiknya makan yang tanpa lemak dan kurangi konsumsi daging merah. Bagi kita yang vegetarian bisa memilih sumber protein dari kacang – kacangan, susu almon, susu kedelai dan sebagainya. Protein sangat penting sebagai pembangun sel dan sebagai penjaga massa otot agar tidak menurun saat berpuasa.

Jadi itu semua adalah jenis – jenis makanan yang harus dikonsumsi untuk memenuhi gizi kita selama berpuasa, berikut ada 3 Tips Berbuka Puasa.
1.Jangan makan terlalu kenyang.
2.Kurangi makanan tinggi lemak, tinggi garam, tinggi gula dan pedas.
3.Jangan langsung tidur setelah makan.

Okay sahabat belajar berbagi informasi cukup sekian dulu informasi yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat, selamat menjalankan ibadah puasa. Sampai Jumpa lagi di informasi berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel